Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Analisis Kandungan Formaldehid Pada Beberapa Merek Pengharum Ruangan Berbentuk Gel Yang Beredar Di Pasaran

ABSTRAK
Pengharum ruangan adalah produk rumah tangga, secara eksplisit melepaskan bahan- bahan kimia yang dikandungnya ke udara dan dihirup oleh konsumen, tujuan penggunaannya akan mengakibatkan saluran pernafasan menghirup zat yang ada dalam produk. Menghirup bahan kimia berbahaya yang ditambahkan dalam produk menimbulkan banyak efek negatif yang merugikan kesehatan manusia.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survai deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi formaldehid pada pengharum ruangan berbentuk gel dengan metode reaksi asam kromatropat dan untuk mengetahui kadar formaldehid dengan metode titrasi. Sampel sebanyak 20 pengharum ruangan berbentuk gel yang terdiri dari 10 merek dengan masing – masing merek diambil 2 aroma yaitu jeruk dan apel. Sampel diperoleh dari pusat perbelanjaan Carrefour dan diperiksa di Balai Laboratorium Kesehatan .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 sampel pengharum ruangan berbentuk gel yang terdiri dari 10 aroma jeruk dan 10 aroma apel ada 4 sampel yang mengandung formaldehid. Pada pengharum ruangan berbentuk gel aroma jeruk kadar formaldehid merek Saudi Choice sebesar 1,10% dan Dahlia 1,84%. Pada sampel pengharum ruangan berbentuk gel aroma apel kadar formaldehid merek Saudi Choice sebesar 0,92% dan dahlia 0,95%.
Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa kadar formaldehid pada pengharum ruangan bentuk gel aroma jeruk lebih besar dari pengharum ruangan bentuk gel aroma apel.
Disarankan kepada masyarakat agar lebih teliti dalam memilih produk pengharum yang terdaftar pada Departemen Kesehatan dan kepada produsen sebaiknya mencantumkan tabel komposisi pada pengharum ruangan berbentuk gel tersebut serta lebih ditingkatkan lagi pengawasan terhadap produk-produk yang menggunakan bahan kimia berbahaya yang beredar di pasaran oleh Direktorat Perlindungan Konsumen.
kata kunci : Pengharum ruangan berbentuk gel , Formaldehid  
Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Analisis Kandungan Formaldehid Pada Beberapa Merek Pengharum Ruangan Berbentuk Gel Yang Beredar Di Pasaran
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 
Artikel terkait skripsi diantaranya : proposal skripsi penelitian kualitatif, proposal skripsi penelitian kuantitatif, Proposal skripsi, contoh proposal,download skripsi, Kumpulan Proposal skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

0 komentar