Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Karakteristik Penderita Sepsis Neonatorum yang Dirawat Inap di RSU Dr. Pirngadi

ABSTRAK
Infeksi merupakan penyebab kematian bayi terbanyak. Salah satu infeksi pada bayi adalah sepsis neonatorum. Sepsis neonatorum merupakan suatu infeksi bakteri berat yang menyebar ke seluruh tubuh bayi baru lahir. Insiden sepsis di negara berkembang cukup tinggi yaitu 1,8-18 per 1.000 kelahiran hidup dengan CFR 12-68%.
Untuk mengetahui karakteristik penderita sepsis neonatorum yang dirawat inap di RSU Dr. Pirngadi  tahun 2005-2009 dilakukan penelitian deskriptif dengan desain case series. Populasi dan sampel berjumlah 119 orang (total sampling). Data diperoleh dari rekam medik, analisa data dengan uji Chi-square, t-test dan anova.

Hasil penelitian didapat proporsi penderita sepsis neonatorum berdasarkan karakteristik bayi yaitu neonatal dini 80,7%, sex ratio 1,3:1, tidak kembar 88.2% dan berat badan lahir rendah 50,0%. Proporsi penderita sepsis neonatorum berdasarkan karakteristik ibu yaitu umur 20-35 tahun 77,9%, SLTA 48,7%, Ibu Rumah Tangga 79,7%, kawin 97,4%, umur kehamilan kurang bulan 56,9%, riwayat persalinan normal 67,8%, ketuban pecah dini 52,4%, dan air ketuban hijau dan berbau 50,0%. Rujukan bidan/klinik/rumah bersalin 43,7%, jamkesmas 57,1%, lama rawatan rata-rata 9 hari, meninggal 47,1%. CFR neonatal dini 47,9%, perempuan 56,9%, bayi tidak kembar 47,6%, dan berat badan lahir sangat rendah 62,5%. CFR sepsis neonatorum yang dilahirkan di rumah sakit 59,1%.
Ada perbedaan proporsi yang bermakna antara umur berdasarkan berat badan lahir (p=0,015). Tidak dapat dilakukan uji statistik berat badan lahir berdasarkan umur kehamilan dengan uji Chi Square karena ada 3 sel (33,3%) memiliki nilai expected count < 5. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara asal rujukan berdasarkan keadaan bayi sewaktu pulang (p=0,272). Tidak ada perbedaan yang bermakna antara lama rawatan rata-rata berdasarkan sumber biaya (p=0,317). Lama rawatan rata-rata penderita yang pulang dalam keadaan sehat secara bermakna lebih lama daripada pulang atas permintaan orangtua dan meninggal (p=0,000).
Pihak RSU Dr. Pirngadi , untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui upaya kuratif dan diagnosis dini khsnya untuk sepsis neonatorum dalam menurukan angka kematian neonatus, serta untuk mengupayakan pencatatan data pasien yang lebih lengkap pada kartu status.

Kata kunci: Sepsis Neonatorum, Karakteristik Penderita 
Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Karakteristik Penderita Sepsis Neonatorum yang Dirawat Inap di RSU Dr. Pirngadi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 
Artikel terkait skripsi diantaranya : proposal skripsi penelitian kualitatif, proposal skripsi penelitian kuantitatif, Proposal skripsi, contoh proposal,download skripsi, Kumpulan Proposal skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

0 komentar