Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Hubungan Kebiasaan Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kegemukan Pada Pedagang Sayur

ABSTRAK
Secara umum dapat dikatakan bahwa kegemukan adalah dampak dari konsumsi energi yang berlebihan, dimana energi yang berlebihan tersebut disimpan di dalam tubuh sebagai lemak, sehingga akibatnya dari waktu ke waktu badan menjadi bertambah berat. Selain itu, berkurangnya aktivitas fisik juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan makan dan aktivitas fisik dengan tingkat kegemukan pada pedagang sayur di Lingkungan XIII Kelurahan Kwala Bekala . Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik.

 Populasi penelitian adalah pedagang sayur di Lingkungan XIII yang berjumlah 2 orang. Sampel diambil sebanyak 70 orang dengan teknik acak sederhana.
 Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan formulir food recall 24 jam, food frequency, dan formulir aktivitas fisik 24 jam.
 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan pedagang sayur dalam hal snan makanan termasuk dalam kategori lengkap (60,0%). Frekuensi makan rata-rata pedagang sayur berdasarkan jenis makanan pokok ialah ≤ 3 x sehari (61,9%); berdasarkan jenis lauk-pauk termasuk 3 x seminggu (72,7%); berdasarkan jenis sayuran termasuk 3 x seminggu (79,9%); berdasarkan jenis buah-buahan termasuk 3 x seminggu (55,8%); dan berdasarkan jenis minuman termasuk 3 x seminggu (51,4%). Jumlah konsumsi energi pedagang sayur termasuk dalam kategori sangat tinggi (44,3%) dan jumlah konsumsi proteinnya termasuk dalam kategori cukup/sesuai standar (37,1%). Aktivitas fisik pedagang sayur termasuk dalam kategori sedang (80,0%) dan sebagian besar pedagang sayur mengalami kegemukan (62,9%).
 Dari analisis statistik dengan uji chi-square diperoleh bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara snan makanan dengan tingkat kegemukan pada pedagang sayur {p(0,088) > 0,05}; ada hubungan yang signifikan antara jumlah energi yang dikonsumsi dengan tingkat kegemukan pada pedagang sayur {p(0,036) < 0,05}; tidak ada hubungan yang signifikan antara jumlah protein yang dikonsumsi dengan tingkat kegemukan pada pedagang sayur {p(0,425) > 0,05}; ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan tingkat kegemukan pada pedagang sayur {p(0,031) < 0,05}.
 Saran yang diajukan adalah perlunya perhatian dari pihak Puskesmas dengan melakukan penyuluhan dan mengsosialisasikan makanan seimbang kepada pedagang sayur.
 Kata kunci : kebiasaan makan, aktivitas fisik, kegemukan, pedagang sayur  
Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat:Hubungan Kebiasaan Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kegemukan Pada Pedagang Sayur 
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 
Artikel terkait skripsi diantaranya : proposal skripsi penelitian kualitatif, proposal skripsi penelitian kuantitatif, Proposal skripsi, contoh proposal,download skripsi, Kumpulan Proposal skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

0 komentar